Senin, 30 April 2012


KIAT-KIAT MENJADI GURU YANG BAIK
Guru yang baik bukan hanya sukses menghasilkan anak-anak didik yang cerdas dan berprestasi, sebab sifat karakter siswa yang berbeda-beda. Itu sebabnya, guru yang baik adalah mereka yang selain berhasil dalam bidang akademis, mampu bertahan dalam ingatan dan lelucuan positip siswa-siswanya, baik yang berprestasi, maupun yang dikategorikan biasa-biasa saja.
Guru yang baik adalah mereka yang bisa memahami kesulitan anak didiknya. Bukan hanya guru harus ikut campur atas segala urusan si anak, melainkan memelihara kepedulian, dan hanya kepada mereka yang cerdas tetapi juga sebagian lainnya yang perlu perhatian.
            Kecerdasan siswa itu berbeda-beda, begitu pula bidang minat mereka. Itu sebabnya, guru sepantasnya memberi arahan dan bimbingan. Salah satu caranya adalah dengan bersikap terbuka (open mind). Bisa dibayangkan betapa banyaknya karakteristik siswa di sekolah yang harus dihadapi seorang guru, itu sebabnya selain sikap terbuka, sikap tegas dan disiplin seorang guru tetap diperlukan.
            Ada beberap kiat khusus untukmenjadi guru yang baik, guru yang berpotensi menjadi idola, guru yang tidak hanya memperhatikan kemajuan akademik siswa-siswanya, melainkan juga memahami perkembangan karakter dan mampu menjadi motivasi bagi seluruh anak didiknya.
Guru Hebat Memberi Inspirasi
The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The grat teacher inspires.
Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya.(Wiliam A. Ward)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar